Aku merasakan keresahan dari seorang pemuda, keresahan yang sama yang sering aku temukan pada para pemuda lainnya, bahkan pada diriku juga. Mereka adalah orang-orang yang seumuran denganku. Pemuda-pemuda luar biasa yang menghamburkan cerianya ke hadapan banyak orang, namun menyimpan puluhan liter air mata di belakangnya.

Pikiran sederhanaku bekerja. Jika memang ternyata setiap orang memiliki sisi sesedih itu di dalam dirinya, lalu mengapa? Biarkan saja. Lihat saja mereka, anak-anak muda yang eksis, sukses dan menginspirasi di pucak sana. Bukankah mereka pemuda seumuranku juga? Lalu, tidakkah mereka juga menyimpan satu sisi sedih, satu sisi drama meski mereka sendiri tidak menyukai tontonan drama yang terkadang terlalu di dramatisir. Mereka itu, toh pada akhirya mampu menjadi bintang dan contoh baik bagi kita.

Kita yang terpuruk dengan kesedihan, mungkin hanya terlalu lama memikirkan kesedihan. Sementara mereka yang maju sebagai bintang, adalah orang yang sama seperti kita, yang punya banyak masalah, yang banyak hal di dalam hidupnya bisa dikonversi menjadi air mata, namun mereka memilih untuk menyibukkan diri mereka dengan banyak waktu bagi kebahagiaan, bagi kesehatan, bagi kesuksesan. Mereka juga punya sisi sedih, tapi mereka hanya mau meluangkan sedikit sekali waktu yang mereka punya untuk itu.

Kamu anak muda? Jangan mudah terpuruk oleh sedihmu. Itu hanya salah satu tipu daya energi negatif untuk menghentikan langkah positif yang ada di dalam dirimu agar segera bertindak. Maka jadilah anak muda yang gampang move on. Biasa saja.  Masalah itu biasa, tidak perlu di dramatisir. Kalaupun kau mulai merasa terlalu banyak beban yang sangat sulit untuk kau pikul sendiri, panggilah aku, biar ku bantu dengan memberikan pundakku sebagai sandaranmu. Tapi sebentar saja ya. Gantian. Aku juga akan membutuhkan pundakmu bagi sisi sedihku juga. :’D Jika kita berdua lantas sama-sama bersedih, jangan khawatir, Allah menyediakan seluas-luasnya kesempatan bagi kita untuk mengadu kepadanya. Jangankan pundak untuk bersandar, tangan untuk digenggampun akan diberikan-Nya jika mungkin. Tenang saja, manusia memang bisa membuatmu kecewa, tapi yang Maha Kuasa akan memberi kita kepastian terbaik, yang bahkan tidak pernah kita sangka-sangka. Seburuk apapun kehidupan yang engkau rasakan saat ini, coba bukalah hatimu lebih dalam lagi dan temukan kebahagiaan yang sempat tertutup oleh energi negatif itu. Jadilah pemuda tangguh yang bahagia.

Dari temanmu, sendiri, di depan laptop, yang menyapamu dengan penuh cinta. ❤

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s