Menghitung Kelebihan Orang Lain

Menghitung kelebihan orang lain. Ini sering saya lakukan, dengan tujuan untuk memacu diri mencapai hal yang sama. Namun, setelah mencoba menelaah lebih dalam, ternyata ada pula sisi negatif dari melakukan hal ini.

Jika terlalu sering menghitung kelebihan orang lain, bisa jadi kita akan menjadi lupa untuk melihat sisi baik dari diri kita sendiri. Hingga muncullah yang orang katakan “minder” itu dalam pergaulan kita. Padahal, setiap orang yang dilahirkan ke dunia, pastilah dengan potensi masing-masing yang telah dikaruniakan kepadanya. Lalu, mengapa kita harus terlalu sibuk dengan kelebihan orang lain? Bukankah lebih bijak jika kita memaksimalkan potensi diri sendiri?

hmmm.. Lantas pula, apakah menghitung kelebihan orang lain itu adalah sikap yang buruk? Sebenarnya, menurut saya pribadi, tidak juga. Mengetahui kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh orang lain bisa jadi dapat memacu kita untuk berusaha keras seperti yang orang-orang itu lakukan hingga mencapai kelebihan-kelebihannya. Karena, yakin saja, sekalipun dalam setiap prestasi yang dimiliki oleh banyak orang itu tersimpan unsur bakat, pastilah kerja keras menjadi faktor utama keberhasilannya. Kerja keras itulah yang seharusnya kita tiru. Bukan jenis keahlian yang dimiliki.

Jika seseorang bisa bersahaja dengan kelebihannya, tentu kita juga akan bersahaja bahkan bisa lebih bersahaja dengan kelebihan yang kita punya. Asalkan, kita mau fokus dan terus bekerja keras.

Ah iya, sebagai salah satu pengembang start up, saya memberikan kode nih. Mimpi kamu itu bakal jadi nyata, kalau dia sudah mampu mengganggu tidurmu. Bukan hanya sekali, tapi berulang-ulang kali sehingga kamu terpacu untuk terus mengelola mimpimu jadi nyata. Percaya deh. 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s